KEUNGGULAN BLACKBERRY

On Senin, 20 September 2010 0 komentar

Keunggulan Blackberry Vs Ponsel Biasa
Blackberry device ini alat yang dapat membantu Anda agar bisa selalu terhubung dengan global news and network. Anda pasti sudah tahu, kalau Blackberry ini mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan ponsel biasa. Ada kekuranganya juga sih, terutama buat saya....(biasanya harga blackberry lebih mahal). Saya tidak akan membahas soal harganya, disini saya cuma mau menerangin keunggulan blackberry dibanding ponsel biasa.

Kelebihan Blackberry Vs Ponsel Biasa antara lain :
1. Bisa mengirim email dan menerima email sebanyak-banyaknya dengan satu harga.
2. mengirim email semudah mengirim dan menerima sms, dan tidak perlu ada tambahan biaya.
3. Email sifatnya lebih formal utk bagi orang yang berbisnis, sehingga surat - menyurat lebih mudah dan terpercaya.
4.Bisa melakukan browsing ringan internet, selama website tdk terlalu berat bisa.
5. Bisa menerima RSS dengan bantuan software Vigo.
6. Dapat melakukan chating dengan berbagai macam media baik YM,Gtalk,Blackberry Messengger.
7.Chatting dengan rekan or teman yang ada diluar negeri or dimana pun dengan gratis dan realtime.Dan hasil pembicaran bisa lsg dikirim melalui email jika memang berhubungan dengan bisnis or yang lain2.
8. Untuk pelanggan individu paket nya disebut BIS , harga cukup terjangkau berkisar dari 150-200 rb/bln
9. Operator yang telah mendukung Indosat,(Matrix,Mentari),XL (pascabayar),T-Sel (Halo,simpati)
10. Bisa digunakan sebagai GPS .
11. Telah didukung teknologi wifi = sehingga jika kita berpergian keluar negeri bisa menerima email dan mengirim email gratis melalui hot-spot ( roaming Muahal bok)
12. Kita bisa mengikuti milis yang kita sukai.sesuai hobby, jadi kita bisa bertemu dengan orang yang mempunyai hobby sama dengan kita.
13. Fungsi Telp ,dan organizer sama baiknya dengan smartphone sekelas nokia or WM6
14. Dan bila kita sering menerima email dan selama ini kita harus membuka laptop,connect network dulu hanya utk mengetahui jawaban dari rekan bisnis or yg lain, hal ini bisa dipermudah karena, begitu server terima langsung di push di unit tersebut dengan delay krg lebih 20 menit tergantung jaringan.
15. Kemudian jika kita mengirim sms hanya terbatas 160 Karakter kalau email mau 1000 karakter or 5000 karakter bebas dan tidak bayar lagi.
16. Mempunyai blackberry seperti mempunyai dunia sendiri, plus nya adalah kita tidak menganggu orang disekitar kita , negatifnya ya lebih cuek dengan lingkungan kita.
17.Dan hanya dengan menggunakan blackberry device anda baru bisa meresakan semua manfaat tersebut, karena bila menggunakan hp merk lain dan menggunakan blackberry connect tidak semua fungsi bisa berjalan.



KEUNGGULAN BLACKBERRY

Pada era modern ini, kecepatan dan ketepatan dalam pemberian informasi sangat dibutuhkan terutama layanan push email. Research In Motion (RIM) melihat kesempatan ini dengan meluncurkan layanan push email Blackberry pada tahun 1999. Yang mencengangkan adalah pertumbuhan layanan ini dari tahun 2004 sampai saat ini dimana dari hanya sekitar 2 juta pelanggan diseluruh dunia menjadi 17 juta pada tahun ini.

RIM dalam menyediakan layanan Push email ini menggunakan bantuan network operator. Jadi harus berlangganan di network operator tertentu untuk berlangganan layanan Blackberry ini. Saat ini di Indonesia ada dua operator besar, Indosat, XL, yang menyediakan layanan Blackberry untuk paket personal dan paket corporate (Telkomsel hanya menyediakan layanan Blackberry corporate). Apakah Perbedaan dari dual paket layanan tersebut? Paket Blackberry personal adalah paket yang layanannya dijual kepada pelanggan personal dimana paket ini dinamakan BIS (Blackberry Internet Service) dimana perngguna personal dapat mendaftarkan email pribadinya ke server BIS untuk dapat di-push ke handset mereka jika ada email terbaru pengguna; sedangkan BES (Blackberry Enterprise Service) adalah paket dimana pengguna corporate diharuskan menginstall application server didekat email servernya (Email server yang digunakan harus lah Microsoft Exchange, LotusNote, Domino).

Apakah perbedaan yang mencolok dari BIS dan BES ini? user BIS hanya bisa untuk push email, akan tetapi user BES bukan hanya push email tetapi dapat juga men-synchronkan PIM data yang ada di handset dengan email server yang mempunyai koneksi langsung dengan BES server; begitu juga dengan internet dan intranet web page dapat diakses melalui handset Blackberry (hanya handset Blackberry saja yang dapat menikmati feature ini, handset BBC tidak bisa menikmati feature ini)
Harga? tergantung network operator yang menyediakan layanan ini kepada pelanggannya korporatnya. Untuk Indonesia, paket personal dapat menghubungi Indosat dan XL; kemudian untuk paket corporate dapat menghubungi XL, Indosat, dan Telkomsel.

Pertumbuhan Blackberry dinilai yang sangat cepat ini tidak didukung saja pada sisi aplikasi layanan ini akan tetapi dengan dikeluarkannya handset Blackberry oleh RIM yang sasarannya middle high (Business seperti tipe 8100,8300,dan 8800) yang mempunyai kemampuan Multimedia, 8820, 8310 dan 8320 juga ada 8120 atau 8130. Masing-masing tipe mempunyai kelebihan masing-masing; ambil contoh tipe 8310 dan 8320, dimana tipe-tipe tersebut adalah tipe turunan dari 8300 (terdapat kamera) dimana 8310 ditambahkan feature GPS dan 8320 ditambahkan feature Wifi.

RIM tidak mempunyai strategy pengembangan layanannya sampai disini saja, mereka membuka koneksi yang dinamakan Blackberry Connect untuk menghubungkan handset-handset yang sangat "digandrungi" di pasaran (seperti Nokia, Sony Ericsson, dll) untuk menikmati layanan push email dari blackberry ini. "konektor" layanan Blackberry yang berupa aplikasi ini diinstall pada handset-handset tersebut. Akan tetapi terdapat kelemahan-kelemahan yang menurut saya lumayan cukup banyak kelamahannya seperti:

* Tidak bisa browsing menggunakan APN Blackberry
* Tidak adanya tunelling VPN dengan network kantor bagi pengguna BES
* Tidak adanya kerjasama dengan pihak ketiga untuk menyediakan chatting service seperti Yahoo Messenger dan Google Talk
* Tidak bisanya menerima Blackberry Messenger dari pengguna Blackberry lainnya (hal ini sedikit dikoreksi pada aplikasi Blackberry Connect version 4.0)

Mengapa pertumbuhan blackberry ini sangat significant (terutama di Indonesia yang saat ini sedang booming layanan push email blackberry)? ada beberapa keunggulan layanan blackberry ini dibandingkan layanan push email lainnya (Nokia Intellisync, Ventus, dll); keunggulan-keunggulan teknologi push email Blackberry sbb:

* Pengiriman email dan WEB Browsing dengan kompresi yang dilakukan dua kali (content dan komunikasi) sehingga kita bisa mendapatkan push email real time/WEB lebih cepat dan menghemat bandwidth GPRS/EDGE
* Integrasi dengan Instant Messaging service seperti yahoo messenger dan Gmail Talk
* Membuka attachment email yang lebih cepat (pengalaman pribadi :) ) dimana akses cepat ini ada hubungannya dengan kompresi yang sangat sempurna dari RIM
* Security handset yang sangat apik dan terjamin dari level handset (handset Blackberry) sampai dengan layanannya (terkadang jika lupa password untuk untuk unlock handset, handset akan terformat secara otomatis)
Yang bisa dipastikan, layanan Blackberry ini ada untuk memudahkan kita bekerja; terutama pekerjaan kirim-mengirim email bisnis atau penting yang harus dilakukan pada saat itu kita tidak berada di depan PC atau Laptop.

Layanan Blackberry ini tidak terbatas untuk kalangan bisnis dan professional, bahkan ada kalangan pelajar atau mahasiswa sudah menggunakan layanan Blackberry. Mengapa layanan ini sudah bisa sampai kalangan remaja di Indonesia? Menurutku, layanan ini menyasar segment pasar yang sangat tepat di market Indonesia, yaitu MESSAGING.
Alasan utama para remaja sudah mulai menggunakan Blackberry adalah kemudahan penggunaan layanan instant messaging yang terintegrated pada handset Blackberry untuk keperluan komunikasi dengan teman-teman, keluarganya dengan biaya bulanan :-) (handset selain handset Blackberry yang menggunakan BBC/"konektor" saat ini masih belum terintegrasi dengan Instant Messaging yang disebutkan diatas). Jika kita melihat market di Indonesia yang masih senang dengan SMS sebagai alat komunikasi murah, maka kehadiran layanan Blackberry ini tidak lama lagi bisa menyaingi layanan SMS; kapan itu? mari kita lihat saja... :-)

Bagaimana tanggapan anda mengenai layanan ini? apakah anda akan mengikuti tren komunikasi melalui email dan instant messaging ini?
Hanya anda sendiri yang bisa menjawabnya :D. Saya yakin, jika semakin banyaknya tipe handset Blackberry dan sudah terintegrasinya Instant Messaging kedalam layanan Blackberry dengan handset non-Blackberry, maka layanan ini bisa saja menyaingi layanan messaging conventional yaitu SMS...[e-c]

Kelebihan Blackberry
Features
1.System full backup/recover sebagian maupun sepenuhnya mempermudah user dalam membackup data2 penting
2.Ketika mengganti unit blackberry baru, anda cukup menggunakan fungsi change device dan data-data penting beserta setting dan 3rd party software (jika compatible) tercopy dengan mudah ke device blackberry baru.
3.Fungsi Autotext, anda tinggal mendefine keyword lalu mengasosiasikan dengan isi pengganti yang biasanya berisi text/character yang panjang, dan digunakan dengan mengetikan keyword, maka isi pengganti akan menggantikan keyword tersebut.
semisal, anda mendefine autotext home, ketika anda ketik, digantikan dengan alamat lengkap, rt-rw,phone,kodepost dlsb yang anda inginkan.
4.fungsi search sangat powerfull untuk menemukan di field manapun dari nama, subject bahkan content, sehingga membantu kita menemukan hal yang kita cari.
5.profile pada blackberry sangat flexible, untuk setiap account email, sms,mms,phone,facebook dlsb dapat diatur ringtone/vibrate dan led signnya
6.feature speed dial pada blackberry qwerty sebanyak pilihan a-z,dikurangi default key. Membantu sekali dalam melakukan telepon cepat
Multimedia
1.Fungsi BBM (Blackberry Messenger) yang mampu membuat chatting kita nyaman dengan tidak hanya menyediakan fungsi chatt type, namun juga send type dan rekaman sebesar 10Kb – membantu sekali saat sedang tidak bisa mengetik pesan dan tinggal merekam ucapan sekitar 5 Detik dan mengirimkan kepada lawan chatt kita.
2.Pada fungsi baru di OS versi 5.0 nanti bahkan terintegrasi dengan fungsi SMS dan dapat mengirimkan pesan lokasi dlsb.
3.customize theme yang buat user level advanced dapat dengan mudah membuat dan mendesign rancangan theme sendiri sesuai kebutuhan, yang diperlukan hanya image editing software dan idea.
4.Fungsi geotag pada blackberry ber-GPS, membantu foto2 yang kita ambil berisi informasi lokasi foto diambil, bisa dibuat teka-teki, kemana rekan kita berada dengan mengecheck lokasi GPS melalui informasi Geotagnya.
5.Tampilan akses multimedia ke video, audio, gambar dan rekaman terintegrate dan sangat sederhana, sehingga cepat diakses dan nyaman digunakan.
Security
1.Dengan mengaktifkan fungsi password, dan jika terjadi kehilangan terhadap blackberry, pencuri yang salah memasukan password akan menghapus seluruh data (wipe) di blackberry anda-sehingga data penting anda tidak gampang diambil.
2.feature firewallnya,sangat effective dalam memblock sms/mms/phone call yang tidak kita inginkan.

0 komentar:

Posting Komentar